Rabu, 06 Juni 2012

Review IMO Memo W6800 – Si Bongsor dengan Fitur yang Mumpuni


Entah sudah berapa banyak Gadget lokal ber-OS-kan Robot Hijau alias Android ikut meramaikan kesuksesan Samsung dalam memproduksi Handheld (HH) Android. Adalah IMO produsen lokal yang ikut meramaikan pasar Android di Tanah Air, Mengusung Processor 1,5Ghz single core serta layar 5Inchi-nya mampu membuat mata saya terpaku, bentuk yang elegan mengingatkan pada Samsung Galaxy Note yang menjadi salah satu keistimewaan Android. Yup, IMO mengeluarkan HH Android yang mirip dengan Galaxy Note, IMO sendiri menamakan produknya “IMO Memo W6800”, yang merupakan andalan IMO saat ini selain Tablet. Selain 1,5GHz yang diunggulkan, Memo (saya menyebutnya) sendiri dipersenjatai dengan Kamera 8MP, tentunya sangat jarang Gadget lokal dengan kamera yang sudah mencapai 8MP. Selain itu, OS Androidnya pun menggunakan versi Gingerbread 2.3.5 MAUI. Penasaran? Mari kita kupas Gadget Lokal dengan kemampuan yang mumpuni ini.. :)

Kelengkapan:
Baterai dengan kapasitas 2800mAh (Wow), Travel charger + Kabel data, Kartu Garansi, MicroSD 2Gb, Buku Panduan (Foto Copy).. sigh.. maklum gadget lokal :D, Handsfree dan Dus.

Review:
IMO Memo ini menurut saya cukup nyaman dalam genggaman meski bobotnya agak sedikit berat bila dibandingkan dengan Samsung Galaxy Note. Karena CPU sudah berkemampuan di atas 1Ghz, si-Memo ini cukup handal untuk membuka beberapa aplikasi meski ada sedikit lag. Yang disayangkan memori internalnya hanya 201MB itupun sudah terpakai sebagian oleh aplikasi bawaan yang sudah terinstal. Tapi tidak perlu khawatir, Memo masih punya slot memori eksternal yang bisa mencapai 32GB.. menurut saya hanya itu kekurangan si bongsor ini.

Kelebihan yang akan saya kupas diantaranya, RAM yang cukup besar, yakni 768MB yang dirasa cukup powerful untuk melakukan multitasking. Selain itu, Kamera dengan fitur yang mumpuni seperti fokus mode ada 4 pilihan yaitu: Auto, Macro, Infinity, dan Continuous (ini yang saya suka). Scene mode sebanyak 17 mode opsi, Color Effect, Picture Quality, Face Detection, AE Meter, Select Camera (Depan dan Belakang) dan masih banyak lagi.

Kelebihan lainnya, Si bongsor ini tentunya sudah mendukung Dual SIM (GSM-GSM) serta Akses internet yang dimiliki si-Memo ini cukup cepat karena dukungan HSDPA ataupun Wi-fi yang dibenamkan. Saya sendiri saat membuka http://yossysetiawan.blogspot.com/ tidak menemukan kesulitan (test menggunakan browser bawaan dan Dolphin HD). Download file berukuran besar juga tidak ada masalah, cukup cepat.

Games 3D? Bukan masalah bagi si Bongsor ini, saya coba memainkan Angry Bird Space sangat halus tidak patah-patah. Kemudian saya coba memainkan PES 2012 sangat-sangat lancar (Di Galaxy Ace masih terasa Lag). Jadi si Bongsor ini menurut saya patut diperhitungkan apalagi bagi rekan-rekan yang mempunyai budget terbatas tapi ingin mencicipi citarasa Samsung Galaxy Note, si-Memo ini pilihannya.

Sekian Review IMO Memo - W6800, semoga bermanfaat.:)

Spesifikasi:
Jaringan: Dualband GSM (900/1800 MHz) & 3G WCDMA 2100; Layar: TFT HVGA Capacitive Touchscreen – 5 inchi multitouch; Kamera: Dual Camera 8.0MP with Briliant Autofocus + LED Flash; Internal Memory: 201MB; External Memory: MicroSD up to 32GB; CPU: 1.5GHz – GPU Renderer PowerVR SGX 531; RAM: 768MB; Konektivitas: Bluetooth, Kabel Data, Wi-fi, Kabel Audio Jack 3.5mm; Transfer Data: GPRS, EDGE, HSDPA; GPS: A-GPS; Operating System: Android Gingerbread v2.3.5; Baterai: 2800mAh/3.7v; Aplikasi: Standar Android; Pilihan Warna: Hitam; Harga: Rp.1.799.000,- (Tabloid PULSA Edisi Juni 2012), Bandung Rp. 1.850.000,- per Juni 2012

UPDATE!
IMO Memo saat memainkan games Raging Thunder 2 sedikit terasa 'lag' nya, kemudian saya coba test lagi memainkan Games buatan PopCaps "Plant vs Zombie HD" tidak ada masalah berarti, loadingnya pun cukup cepat, dan yang terakhir saya coba Trial X, mantabs.. No Lag! pemirsa :D. Disayangkan games favorit saya Air Attack HD tidak jalan sama sekali, mau coba games yang lainnya.. eh malah dijewer Isteri tersayang, "Main Games Aja! Kapan Kerjanya".. Hehehe. Demikian sekilas Ingpo.

UPDATE!!
Karena banyak berita yang simpang siur mengenai IMO Memo W6800 terutama dari berapa sih kekuatan Processornya? maka saya putuskan untuk terus mencari sumber-sumber yang sekiranya bisa menjadi bahan wacana dan pertimbangan rekan-rekan untuk menilai Gadger Bongsor ini dan akhirnya saya mendapatkan satu sumber yang menurut saya sangat masuk akal. So, langsung simak aja Gan :)


Sumber: Tabloid Pulsa
Profil Narasumber: Smurf
Ulasan (tanpa di edit):
[ikut ngasih info temen2, mohon jgn di cap ga seneng sama pulsa ato apalg di katain idiot, ga da maksud jelek cm memberi informasi yg benar,biar konsumen tau paham dan puas.
yang 1 adalah masalah CPU,MT6573 buatan mediatek ini di clock dr pabrikannya dgn speed 650Mhz klo ada yg bilang 1,5Ghz sejauh ini adlh KLAIM dr test yg dilakukan penjual dgn Antutu benchmark, hal 1 yg perlu di catat adalah benchmark tool bs melakukan kesalahan, 2 akurasi bs berbeda jauh krn chipset MT6573 bs jadi blom di support oleh benchmark nya, 3 setau saya MT6573 spt jg A10 winner dan SOC2 buatan china laennya bkn mentah berbasis pd arsitektur ARM tp arsitektur ARM yg sdh di modif (cth spt snapdragon), ke 4 klaim 1,5Ghz di pameran di akui pihak IMO cuman 650Mhz. jadi terbukti sudah clock speed aslinya 650Mhz. fakta ke 5 adalah stelah di benchmark hasil benchmark nya dibwh rating SE X10i yg menggunakan SOC snapdragon gen 1 dgn speed 1Ghz, artinya tanpa keraguan lg klo klaim 1,5Ghz di atas adalah kesalahan ato akal2an penjual.

masalah ke 2 adlh GPU spt yg kita ketahui GPU buatan powerVR mrupakan salah 1 yg paling mahal harganya di pasaran walopun SGX 531 uda bole dibilang uda kadaluarsa teknologinya, namun harga perangkat yg mnggunakannya mustahil harganya semurah ini,apalg patner2 official imagination adalh prusahaan2 besar elit spt TI, intel, apple. klaim ini btuh dibuktikan dlu krn setau saia MT6573 hanya membawa GPU 3D enable yg mungkin kinerjanya tdk jauh beda dgn adreno 200, bagi yg uda pnya coba di benchmark GPU nya brp hasil render per detiknya dan speed core GPU nya klo beda dgn hasil SGX 531 brarti skali lg kesalahan info.

masalah ke 3, MT6573 ini berbasis pd instruksi ARMv6 dan setau saia clock paling tinggi CPU ARM 11 biasanya adlh 800Mhz, 1GHZ dah terbilang maksa (krn tdk efisien menimbulkan panas dan batere boros), klo melihat track record nya cth nya nokia c6-01 yg memakai ARM11 embended 3D accellerator GPU maka kelas SOC ini tdk jauh berbeda dgn SOC tsb. jgn lupa pula krn memakai instruksi set ARMv6 artinya tdk support dgn flash dan hnya di support oleh adobe flash lite spt pd smartphone symbian yg kbanyakan menggunakan ARM 11.

masalah ke 4, sama sekali bukan alternatif galaxy note, fitur gnote yg paling utama bkn layar 5 inch nya melainkan digitizer nya yg memungkinkan layarnya di tulis mnggunakan stylus(khusus). fitur lainnya spt USB OTG, NFC, Tv.out/HDMI, dan SOC dual core CPU serta RAM yg besar tentunya tdk di miliki oleh W6800 ini, jd klo di sebut alternatif, alternatif apa nya?jgn lupa jg kapasitas battere besar tidak sama dengan waktu pnggunaan yg lbh lama, krn SOC ARM 11 mustahil bs lbh efisien dr SOC dual cortex A9, jgn kan vs dual vs A9 yg single pun dgn battere setengah kali lbh kecil ukuran batterenya ttp A9 lbh efisien, bkn hnya pd efisiensi dr intruction set CPU nya saja namun jg pd proses pembuatan manufacture SOC tsb, setau saia ampir smua ARM 11 di buat dgn proses 65nm yg artinya 2x lbh tidak efisien dr SOC yg di proses dgn 45nm spt CPU A8, sedang CPU yg di proses dgn 45nm sajah 2x lbh tdk efisien dr A9 yg di proses dgn 32nm (itungan kasar,tingkat efektifitas bs jauh lbh besar)

masalah ke 5, dgn clock 650Mhz dan mungkin RAM yg minim (kurang percaya RAM na 768mb) serta internal storage yg minim dibwh 200mb (isi jeroannya mngingatkan saia pd galaxy ACE) jgn berharap bisa di update ke ICS.

masalah ke 6, org indonesia biasa kan lah belajar, selidiki, cari sumber pembanding dan jgn buru2 menghakimi org lain, saia malah berharap yg berkata kasar di bwh bisa menjelaskan bgmn cara nya ARM 11 dgn instruction set v6 bisa mencapai clock 1,5Ghz? brp aplikasi bechmark yg sdh di pakai utk mengkonfirmasi? bagaimana bisa clock 1,5Ghz hasilnya dibwh SE X10i yg clocknya 1Ghz? hal2 tsb yg sbenarnya harus di diskusikan dan bukan nya malah kata2 an, kapan mo pintar kawan klo kerja nya cm cari lawan? Untuk pihak konsumen jgn cepat tergiur beda murah hanya berdasar angka2, bnyk penjual yg mencari untung hnya dr ketidak tahuan pihak konsumen, harga Gnote bisa mahal bkn hnya krn label samsung nya tp isi jeroannya jg sgt jauh berbeda, klo berharap W6800 bs berjalan mulus spt Gnote sama aja berharap angkot bs mengalahkan ferrari, uang ga bs boong. Utk pihak penjual, dagang yg jujur toh klo barang anda memang bagus dan handal pst bnyk yg rekomendasi dan laku. dan hal terakir yg membuat saia ke halaman ini adlh layar 5 inch pas utk baca buku, komik ato majalah namun utk merender file PDF saia rasa ARM 11 tidak mungkin lbh mulus drpd nokia N8 saia. sekian dan terima kasih.]

Demikian sekelumit ingpoh :)