Senin, 19 Maret 2012

Tutorial Flash Firmware Samsung Galaxy S II (GT-I9100)


Setelah melaporkan penjualan Smartphone Samsung Galaxy S II lebih dari 20 juta unit yang menurut saya fantastis sebagai produsen asal Asia ini, Samsung kembali meraih penghargaan untuk kategori 'Best Smartphone' dan sekaligus menyabet penghargaan ‘Device Manufacturer of the Year’, Pengguna S II tidak cukup puas dengan Samsung, karena sudah terlalu lama menunggu OS Android teranyar yaitu “Ice Cream Sandwich – 4.0” (termasuk saya :D).. akhirnya, Samsung merilis gelombang pertama Android 4.0.3 ICS update untuk pengguna Galaxy S II khususnya di Indonesia (Senangnya).

Tanggal 17 Maret 2011 tepatnya pukul 00.00 WIB, Samsung memberikan update firmware official melalui Kies (upgrade Over-The-Air – dengan syarat sudah memiliki Kies versi terbaru dari Samsung), termasuk di www.samfirmware.com sebuah penyedia firmware-firmware smartphone bikinan Samsung. Penantian yang cukup panjang untuk mencicipi ICS di Galaxy S II akhirnya kesampaian juga, saya bisa merasakan ICS memang OS yang powerful dibanding OS lainnya atau bisa dikatakan bisa bersaing dengan OS besutan Microsoft yang saat ini di Indonesia sedang booming oleh Nokia Lumia.

ICS Tidak hanya membawa fitur baru dan menarik, kinerja yang lebih baik dan sangat minim lag, OS dengan kode 4.0.3 ini juga dilengkapi dengan perbaikan bug dan perbaikan waktu standby (masalah atau keluhan seputar baterai yang sampai saat ini tetap menjadi topik hangat di kalangan gadget freak). Fitur yang diunggulkan di ICS ini yang paling populer adalah Face Unlock, sebuah fitur yang memungkinkan pengguna untuk membuka handset menggunakan software pengenalan wajah. Saya mencoba berkali-kali dan hasilnya memuaskan, tingkat kegagalan pengenalan wajah hanya lebih rendah dibanding tingkat keberhasilannya (buktikan sendiri). Selain itu, pengenalan suara jauh lebih baik dibanding saat masih Gingerbread.

Selanjutnya saya akan membahas cara mengupgrade firmware melalui Odin (bagi yang gagal update firmware melalui Kies), sebagai berikut:
  • Backup terlebih dahulu data-data yang ada di HP.
  • Siapkan Samsung Galaxy S II anda dengan kondisi baterai terisi penuh.
  • Download Odin 1.8.5 di sini
  • Download Official Firmware Region Indonesia ICS 4.0.3 (I9100DXLP7) dari www.sammobile.com atau di sini 
  • Kemudian ekstrak file zip nya (hanya terdapat 1 file dengan format .md5)
  • Jalankan Odin dan isi Pit file (filenya satu paket dengan Odin), seperti gambar di bawah ini:
  • Masukan file firmware yang sudah di ekstrak tadi (format .md5) di posisi PDA seperti gambar di bawah ini:

  • Matikan S II  (sebelum dimatikan, pastikan di S II USB debugging nya sudah dicentang) , kemudian nyalakan kembali dengan menekan tombol POWER + HOME + DOWN VOLUME secara bersamaan untuk masuk ke Download Mode  
  • Kemudian hubungkan S II dengan PC/Notebook
  • setelah terdeteksi pada kolom pertama, langsung tekan Start (lihat gambar)
  • Tunggu hingga S II merestart... jangan lupa cabut kabel USB nya :)
  • Selamat! Anda sudah dapat menikmati ICS 4.0.3 Official Samsung di SGS II!
Semoga bermanfaat :)

UPDATE!
www.samfirmware.com sudah diganti dengan www.sammobile.com